KENALI BAHAYA DAN DAMPAK NEGATIF NARKOBA - KIM Surya Harapan

Breaking

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Sunday, July 23, 2017

KENALI BAHAYA DAN DAMPAK NEGATIF NARKOBA


Akhir-akhir ini Narkoba (Narkotika dan Obat-obatan yang mengandung zat adiktif/berbahaya dan terlarang) begitu populer di kalangan remaja dan generasi muda bangsa Indonesia. Hal ini didukung oleh data BNN, “Badan Narkotika Nasional memperkirakan jumlah pengguna narkoba di Indonesia akan terus meningkat. Tahun 2015, diprediksi angka prevalensi pengguna narkoba mencapai 5,1 juta orang”. Dan info terbaru dengan adanya berita tertangkapnya warga Taiwan oleh pihak Kepolisian yang kedapatan membawa 1 ton ganja yang bernilai trilyunan.

Sebab penyalahgunaan narkoba telah merebak ke semua lingkungan, bukan hanya di kalangan anak-anak nakal dan preman tetapi telah memasuki lingkungan belajar dan lingkungan masayrakat. Narkoba saat ini banyak kita jumpai di kalangan remaja dan generasi muda dalam bentuk kapsul, tablet dan tepung seperti ekstasy, pil koplo dan shabu-shabu, bahkan dalam bentuk yang amat sederhana seperti daun ganja yang dijual dalam amplop-amplop bahkan dalam bentuk permen.

Penyalahgunaan narkotika dan obat-obatan terlarang di kalangan generasi muda saat ini kian meningkat. Maraknya penyimpangan perilaku generasi muda tersebut, dapat membahayakan keberlangsungan hidup bangsa ini di kemudian hari. Karena pemuda sebagai generasi yang diharapkan menjadi penerus bangsa, semakin hari semakin rapuh digerogoti zat-zat adiktif penghancur syaraf. Sehingga pemuda tersebut tidak dapat berpikir jernih. Akibatnya, generasi harapan bangsa yang tangguh dan cerdas hanya akan tinggal kenangan.

Dampak negatif penyalahgunaan narkoba terhadap generasi muda, adalah sebagai berikut:

• Perubahan dalam sikap, perangai dan kepribadian,

• Sering membolos, menurunnya kedisiplinan dan nilai-nilai pelajaran,

• Menjadi mudah tersinggung dan cepat marah,

• Sering menguap, mengantuk, dan malas,

• Tidak mempedulikan kesehatan diri,

• Suka mencuri untuk membeli narkoba

Oleh karena itu marilah kita tingkatkan kewaspadaan kita terhadap generasi muda yang berada di lingkungan masyarakat dengan memerangi peredaran narkoba dalam kehidupan generasi muda kita.

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages