Diskusikan Strategi dan Pola Pembinaan KIM, Dinas Kominfo Banjarbaru Kalimantan Selatan Kunjungi Dinas Kominfo Kabupaten Pasuruan - KIM Surya Harapan

Breaking

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Tuesday, November 20, 2018

Diskusikan Strategi dan Pola Pembinaan KIM, Dinas Kominfo Banjarbaru Kalimantan Selatan Kunjungi Dinas Kominfo Kabupaten Pasuruan

Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Pasuruan mendapat kunjungan kerja (kunker) dari Dinas Kominfo Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan yang diwakili oleh Kabid Komunikasi dan Pembina Informasi Publik, M. Noor Ifansyah dan Kasi Komunikasi dan Penata Kelembagaan Informasi Publik, Herry Isdaryoko. Kunker tersebut merupakan agenda visitasi Dinas Kominfo Pemkot Banjarbaru dalam rangka mengapresiasi pola pembinaan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) oleh Dinas Kominfo Kabupaten Pasuruan setelah mengantar KIM Surya Harapan Desa Ngempit Kecamatan Kraton menjadi Juara Grup A LCCK (Lomba Cerdik Cermat Komunikatif) se-Jawa Timur.

Agenda Kunker tersebut diterima langsung Kabid Komunikasi Publik Dinas Kominfo Kabupaten Pasuruan, Tri Krisni Astuti dan Kasi Kemitraan Komunikasi Publik, Eka Maria Ulfa serta Kasi Pengelolaan Opini Publik, Ahmad Rokhim pada Jumat (16/10/2018) di kantor Dinas Kominfo Kabupaten Pasuruan. Pembahasan kunker terkait pola dan starategi pembinaan KIM yang dilakukan oleh Kominfo Kabupaten Pasuruan selama satu tahun terakhir.

Tri Krisni Astuti memaparkan strategi pembinaan KIM dimulai dengan sistem clustering atau pengkategorian dari segi keaktifan. Kemudian seluruh KIM di Kabupaten Pasuruan yang berjumlah 126 tersebut dipantau secara intensif pasca beragam pelatihan peningkatan kualitas SDM yang telah diberikan. Seperti pembuatan blog, jurnalistik online, teknik fotografi, reportase citizen journalism dan pembuatan vlog.

”Apa yang kami lakukan sebagai bentuk tanggungjawab kami sebagai Pembina KIM. Tidak hanya memberikan bermacam pelatihan saja, tapi sampai pada tahapan monitoring. Memantau keajegan teman-teman KIM yang selama ini sudah dibina agar tetap aktif memproduksi konten jurnalistik di blog masing-masing. Karena itu kan bagian dari tugasnya dalam melakukan diseminasi informasi ke masyarakat”, tuturnya seperti yang dikutip di laman www.pasuruankab.go.id.

Sementara itu, Herry sangat mengapresiasi kegiatan dan upaya yang dilakukan Dinas Kominfo Kabupaten Pasuruan dalam membina KIM Kabupaten Pasuruan terutama KIM Surya Harapan sampai masuk ke semifinal LCCK Jawa Timur Tahun 2018.

“Kami salut dengan apa yang telah dilakukan teman-teman Dinas Kominfo Kabupaten Pasuruan dalam melakukan pembinaan KIM. Karena itu juga kami jauh-jauh datang ke sini untuk bisa mengetahui bagaimana bentuk kegiatan yang sudah dilaksanakan”, terang Ifansyah.

Kegiatan kunjungan kerja tersebut juga dihadiri Ketua Forum KIM Kabupaten Pasuruan, Hadi Sucipto yang juga sekaligus Ketua KIM Tretes Taman Wisata, Kecamatan Prigen. Menurutnya, KIM Kabupaten Pasuruan akan terus belajar dan melakukan pemberdayaan masyarakat melalui informasi. Sehingga dapat menjadi agen informasi yang berkualitas di era millenials.(dewi)

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages