Kenduren Mas Program Pelayanan Gratis Bagi Warga - KIM Surya Harapan

Breaking

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Wednesday, March 11, 2020

Kenduren Mas Program Pelayanan Gratis Bagi Warga

Saat ini ada banyak bentuk dan strategi pelayanan pemerintah daerah yang diberikan kepada warga masyarakat untuk mendapat simpati lebih dari warganya, termasuk wujud komitmen pemerintah kepada warganya. Tak terkecuali pemerintah Kabupaten Pasuruan punya Kenduren Mas (Kendaraan Urun Rembug Masyarakat). Kenduren Mas adalah program yang menyentuh langsung kebutuhan masyarakat. Program ini memberikan pelayanan dan konsultasi gratis kebutuhan masyarakat antara lain pengurusan KTP, KK, akte kelahiran, SKCK, pengurusan SIM hingga konsultasi usaha dan perijinanan secara gratis tanpa dipungut biaya dan langsung jadi. Kegiatan Kenduren Mas dilaksanakan keliling di setiap kecamatan setiap bulan bahkan dalam 1 bulan dikaksanakan 3 kali selama 2 hari. Kali ini bertempat di Kecamatan Kraton bertempat di Desa Ngempit pada Selasa - Rabu tanggal 10 - 11/3/20.

Seluruh OPD diturunkan untuk memberikan pelayanan gratis. Hadir dalam pembukaan wakil bupati Pasuruan KH A Mujib Imron. Beliau mengajak warga untuk memanfaatkan program gratis ini. Hal ini menunjukkan bahwa pemerintah hadir menyapa di tengah-tengah rakyat sekaligus memberi pelayanan gratis. Konteks ini tak lepas dari rasa kecintaan diantara warga dalam kebangsaan yang tinggi. Ia mengingatkan bahwa kita harus cinta tanah air tanpa membedakan ras, suku dan golongan. Jauhi sikap keras dan radikal kepada sesama terutama melawan pemerintah karena kita orang beragama. Islam mengajarkan bahwa negara tak bisa dipertentangkan dengan agama. Karena agama khususnya Islam tak menolak Pancasila karena ke-5 silanya tak bertentangan dengan Islam. Hidup rukun dan gotong royong menjadi budaya yang dijunjung tinggi.

Program pemerintah Kabupaten Pasuruan dengan Kenduren Mas adalah wujud nyata kepedulian pemerintah sehingga warga terlayani dengan baik. Rakyatpun menyambut antusias dan berdatangan ke stand-stand pelayanan dan konsultasi. Selama mengurus keperluannya, masyarakat bisa menikmati aneka  sajian UMKM dari berbagai produk dengan harga sangat terjangkau. 

Disela-sela layanan gratis Kenduren Mas dikaksanakan pula sosialisasi sadar budaya hukum bersama Dr Nurul Huda. KIM Surya Harapan tak ketinggalan turut hadir sebagai peserta. Sahlulloh (KIM), Aminulloh, Wahyu dan Irham Zuhdi juga tampak hadir meski sebagai wakil tomas. Tak percuma sukses KIM saat gelar Pertura beberapa bulan  lalu ternyara berlanjut desanya dipercaya pemerintah kabupaten ditempati Kenduren Mas.

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages