SEJARAH KIM SH - KIM Surya Harapan

Breaking

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

SEJARAH KIM SH

Kebutuhan informasi saat ini sangat penting dan diperlukan bagi masyarakat. Bukan barang tabu lagi bagi masyarakat dalam memperoleh akses informasi terutama di era informasi dan komunikasi era digital yang semakin canggih saat ini. Dengan majunya teknologi maka akses informasi kepada publik semakin deras dan tak terbendung. Oleh karenanya tak ada alasan lagi bagi masyarakat tidak menerima informasi, bergantung kepada kita bagaimana mengelola akses informasi tersebut menjadi informasi yang positif bahkan membangun peradaban masyarakat. Oleh karenanya kelompok masyarakat yang peduli pada akses tersebut segera menangkap materi sosialisasi KIM ( Kelompok Informasi Masyarakat) yang pernah dilakukan oleh Dinas Kominfo Kabupaten Pasuruan sekitar tahun 2014 di pendopo Desa Ngempit. Pasca sosialisasi KIM tersebut kemudian dibentuk KIM Surya Harapan Desa Ngempit mendapat pelatihan di Telecenter KIM Tutur untuk berlatih membuat blog. Selanjutnya KIM Surya Harapan (SH) disyahkan berdasarkan SK kepala desa nomor 411.6/10/424.216.12/2015, tanggal 30 November 2015. Awalnya kegiatan KIM SH mengalami pasang surut karena kurangnya daya dukung SDM namun berkat kecintaan tokoh-tokoh saat itu pada bidang pemberdayaan pertanian, mereka membentuk organisasi pemberdayaan yang disebut KPM (Kelompok Pemberdayaan Masyarakat) yang bergerak pada bidang pemberdayaan pertanian termasuk perkebunan dan perikanan. Beberapa hasil usaha budidaya ketiga bidang pemberdayaan tersebut banyak keluar masuk mengikuti even promosi dan pameran di tingkat kecamatan hingga kabupaten.

Seiring dengan perjalanan waktu yang semakin membaik dengan ketersediaan SDM yang ada KIM SH menggeliat karena menyadari bahwa keberhasilan pemberdayaan pertanian yang saat itu sedang hit dilaksanakan tanpa informasi yang seimbang atas keberhasilan program pemberdayaan, sehingga menginspirasi tokoh-tokoh pemuda dan masyarakat untuk menginformasikan kepada masyarakat tidak hanya secara manual tetapi melalui media digital, yang hal itu hanya bisa dilakukan dengan menggunakan KIM Surya Harapan. Hal ini didasarkan pada beberapa pemikiran tentang pentingnya keberadaan KIM, adalah sbb :
  1. Pentingnya informasi pembangunan desa yang harus diterima sampai kepada masyarakat, karena masyarakat memiliki hak publik.
  2. Kepedulian masyarakat terhadap informasi sudah sangat tinggi tetapi masih rendah terhadap informasi pembangunan desa sehingga masyarakat cenderung apatis terhadap informasi pembangunan di desanya
  3. KIM SH hadir menjadi solusi bagi cepatnya akses informasi pembangunan desa kepada masyarakat 
  4. KIM SH juga menjadi garda terdepan mengawal informasi-informasi yang layak dan tidak layak bagi masyarakat, khususnya maraknya berita-berita HOAX yang menyesatkan.
Berbekal keyakinan dan komitmen tersebut diatas maka KIM SH terus bergerak dinamis, dengan terlebih dahulu merapatkan barisan internal di kepengurusan KIM SH dan melakukan langkah-langkah sosialisasi kepada warga di setiap pertemuannya. Langkah dinamis KIM SH pada bidang informasi publik mulai dapat dibaca publik ketika blog kimsuryaharapanngempit.blogspot.co.id mulai on air terisi pemberitaan desa dengan pergerakan pembangunannya secara komperehensif dan simultan, sehingga pada pertengahan tahun 2017 Dinas Kominfo Kabupaten Pasuruan secara intensif memantau perkembangan KIM SH dan memutuskan untuk memilih KIM Surya Harapan Ngempit ini menjadi peserta perwakilan Kabupaten Pasuruan dalam lomba blog KIM tingkat Jawa Timur, dan hasilnya sangat mengejutkan, KIM Surya Harapan menempati rangking ke-6 (enam) lomba blog KIM Jawa Timur. Setelah sukses pada perhelatan lomba blog KIM Jawa Timur, secara bertahap KIM SH berbenah dan melengkapi administrasi organisasi termasuk kantor sekretariat di Jalan Raya Ngempit No. 18 ( Samping Puskesmas) Ngempit Kec Kraton Kab. Pasuruan 67151. Prestasi KIM SH berbuah manis pada pertumbuhan KIM-KIM di desa lain di wilayah Kecamatan Kraton, sehingga tak jarang KIM SH diminta untuk berbagi pengalaman dan membantu terbentuknya KIM desa lain.

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages