Belajar Vlog, Bisnis Online dan Studi Banding di Wisata Kampung Kopi Jatiarjo - KIM Surya Harapan

Breaking

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Thursday, November 22, 2018

Belajar Vlog, Bisnis Online dan Studi Banding di Wisata Kampung Kopi Jatiarjo

Selasa (20-11-2018), KIM Surya Harapan melakukan kunjungan ke Wisata Kampung Kopi Jatiarjo. Tujuan kunjungan tersebut yaitu untuk belajar pembuatan vlog, bisnis online dan studi banding desa wisata Kampung Kopi. Dipandu oleh Sahlulloh selaku sekretaris KIM Surya Harapan, kegiatan ini dimulai dari sambutan-sambutan baik dari KIM Surya Harapan maupun dari pihak Wisata Kampung Kopi sendiri.

Sambutan pertama yaitu dari Sukoyo ketua KIM Surya Harapan, sukoyo menjelaskan bahwa tujuan kunjungan ke Kampung Kopi Jatiarjo, Prigen ingin belajar tentang pebuatan vlog, bisnis online dan studi banding desa wisata. Sambutan kedua yaitu dari pihak kampung kopi Mas Sam (Julukan Samsuri) ketua Wisata Kampung Kopi Jatiarjo, Prigen.

Mas Sam memberikan penjelasan singkat tentang berdirinya kampung kopi. "Wisata Kampung Kopi dirintis oleh pemuda yang peduli karena kesenjangan sosial yang ada di desa Jatiarjo, dimana Desa Jatiarjo terkenal dengan wisata yg sudah terkenal skala nasional tetapi masalah kesenjangan sosial yang ada di masyarakat", tandasnya. Mas Sam juga menambahkan awal terbentuknya Kampung Kopi Jatiarjo, " Terbentuknya Wisata Kampung Kopi dimulai dari pemuda kumpul ngopi bareng dan akhirnya muncul gagasan ide membuat wisata Kampung Kopi Jatiarjo", imbuhnya.
Kegiatan selanjutnya yaitu pelatihan pembuatan vlog dan bisnis online. Kegiatan dibagi menjadi dua sesi, kelas pelatihan pembuatan vlog dan kelas bisnis online. Kelas pembuat vlog dipandu oleh Imam Buchori narasumber pembuatan vlog dari desa Jatiarjo sendiri. Imam menjelaskan cara pembuatan vlog memakai kamera hp.

"Pembuatan vlog cukup mudah, kita bisa memanfaatkan hp kita sudah bisa jadi vlog yg bagus", tandasnya. Para pemuda KIM Surya Harapan cukup antusias mendengar penjelasan tentang pembuatan vlog. Sesi akhir kelas pembuatan vlog yaitu para pemuda mencoba merekam vidio disekitar wisata Kampung Kopi lalu diedit dijadikan vlog.

Kelas berikutnya yaitu kelas bisnis online. Kelas bisnis online dipandu oleh Wahyu. Wahyu menjelaskan tentang apa itu bisnis online. "Di era digital ini bisnis online cukup menjanjikan dalam pemasaran produk umkm", tandasnya. Wahyu juga menambahkan bahwa teknik pengambilan gambar juga berpengaruh dalam pemasaran bisnis online untuk meningkatkat daya tarik pembeli.(Wahyu)

1 comment:

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages