KIM Surya Harapan Panen Kangrowi Unggulan - KIM Surya Harapan

Breaking

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Tuesday, September 10, 2019

KIM Surya Harapan Panen Kangrowi Unggulan

Sejak musim kemarau tiba, KIM Surya Harapan setiap harinya dapat memanen tanaman sayur yang dibudidayakan di kebun Agro milik KIM. Sayuran tersebut terdiri dari kangkung, terong, dan sawi yang biasanya disingkat menjadi ‘kangrowi’. Kangrowi ini merupakan salah satu icon yang diunggulkan oleh KIM karena jenis sayuran yang bisa dibudidayakan di daerah Ngempit ini hanyalah sebatas sayur-mayur jenis dataran rendah.

Sebagai potensi perkebunan yang berhasil dibudidayakan, kangrowi ditanam secara terintegrasi dengan tanaman lain seluas satu hektar. Di dalam kebun ini, ditanam juga berbagai macam buah-buahan seperti jambu kristal, jambu merah, jambu air, pepaya, dan kolam untuk budidaya lele.

Sayuran jenis ‘kangrowi’ ini dipilih untuk dibudidayakan karena dapat hidup di dataran rendah dengan suhu yang relatif panas. Selain itu, teknik pembudidayaan yang mudah serta hasil panen yang cukup memadai juga menambah nilai plus bagi petani untuk bercocok tanam kangrowi ini. Meski harga jualnya yang relatif sangat murah sekitar Rp. 1000,00 per ikat, sayur ini setiap hari dicari oleh masyarakat dan sangat laku di pasar.

Menurut Sukoyo, Ketua KIM Surya Harapan mengatakan selama sebulan ini, para pegiat KIM Surya Harapan mampu memperoleh keuntungan bersih sebesar Rp. 100.000,00 setiap harinya. Target penjualan sayuran ini dipasarkan ke pasar, welijo, pengusaha mie ayam, toko peracangan serta konsumen juga datang langsung ke lokasi kebun.

“Banyak konsumen yang suka membeli sayuran dari kebun kita karena mereka percaya bahwa hasil tanaman sayur kita sehat dan aman untuk dikonsumsi. Hal ini pun karena semua produk kebun kami, kami kelola dengan sehat dan ramah tanpa menggunakan pupuk kimia, tetapi pupuk organik”, ungkapnya.(KIM-SH)

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages