Tertarik Dengan Prestasi KIM Surya Harapan, Dinas Kominfo Kota Malang Kunjungi Kebun Agro - KIM Surya Harapan

Breaking

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Tuesday, December 17, 2019

Tertarik Dengan Prestasi KIM Surya Harapan, Dinas Kominfo Kota Malang Kunjungi Kebun Agro

Masih dalam rangkaian agenda studi tiru yang dilakukan di Dinas Kominfo Kabupaten Pasuruan tentang strategi pembinaan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM), Selasa (09/12/2019), Dinas Kominfo Kota Malang beserta pegiat KIM binaan melanjutkan kunjungannya ke Gazebo Kebun Agro KIM Surya Harapan, Desa Ngempit, Kecamatan Kraton. Didampingi oleh Pembina KIM Kabupaten Pasuruan dan perwakilan dari Forum KIM Kabupaten Pasuruan, rombongan disambut oleh Ketua KIM Surya Harapan, Sukoyo Putro dan anggotanya.
Adapun fokus dari kegiatan silaturahim antar instansi tersebut lebih pada diskusi dan berbagi pengalaman tentang aktivitas pemberdayaan masyarakat dan e-commerce yang selama ini diterapkan oleh KIM Surya Harapan. Diketahui bahwa berkat keseriusan pengelolaan e-commerce melalui aplikasi Tumbaso yang ditautkan di website www.kimsuryaharapan.id, KIM Surya Harapan nyaris meraih Juara I pada event Lomba Cerdik Cermat Komunikatif (LCCK) Provinsi Jawa Timur Tahun 2019 di Magetan pada bulan Oktober lalu.
“Kami sangat senang dan gembira, KIM kami menjadi tujuan untuk studi tiru dari Dinas Kominfo dan KIM Kota Malang. Semoga apa yang didapat dari kami nanti bisa memberikan manfaat untuk kemajuan KIM di Kota Malang. Dengan adanya kegiatan ini membuka jalan kita bersama untuk saling bertukar pikiran dan kerjasama kedepannya”, ujar Ketua KIM Surya Harapan saat menyambut kedatangan peserta studi tiru.
Beberapa pertanyaan diajukan oleh teman-teman KIM dari Kota Malang tentang bagaimana cara memberdayakan peran KIM dalam setiap kegiatan kemasyarakatan. Selain itu, mereka juga menanyakan tentang apa saja strategi yang dilakukan dalam mempromosikan potensi Desa Ngempit sehingga dapat dikenal masyarakat luas berkat publikasi yang gencar dilakukan. Baik di website maupun media social (Facebook, Instagram dan WhatsApp)
Diakui Koordinator Bidang Pemberdayaan Masyarakat KIM Surya Harapan, Aminullah bahwa meskipun setiap anggota memiliki kesibukan masing-masing, namun kegiatan KIM terus terlaksana berkat prinsip pintar dan “kober” yang tetap dipegang. Artinya, setiap anggota KIM Surya Harapan harus pintar dan menyempatkan diri untuk memajukan Desa Ngempit. Tentunya dengan aktivitas pemberdayaan masyarakat melalui kegiatan promosi ragam potensi Desa di aplikasi Tumbaso sehingga memberikan nilai keenomian warga sekitar.  
“Kalau dipikir-pikir, sebenarnya saya tidak punya waktu untuk bergerak di KIM karena saya setiap harinya mengajar di sekolah. Tapi karena ada kemauan dan memang harus saya sempatkan waktu saya untuk KIM, maka saya bisa mengolah kebun dan kolam Lele milik KIM Surya Harapan secara maksimal. Ya memang butuh kesadaran untuk mau maju dan berkembang, mencari ide kreatif. Sebelumnya kami juga sering berkunjung ke Kota Malang dan Batu untuk berdiskusi, mencari ide yang bisa diterapkan di Desa kami”, jelasnya.
Ia menambahkan bahwa pada akhirnya, model pemberdayaan masyarakat yang dilakukannya dapat menggerakkan perekonomian warga Desa Ngempit. Karena mereka yang produk-produknya dipromosikan di aplikasi belanja online Tumbaso memperoleh nilai manfaat dari transaksi penjualan yang telah dibukukan.
Di sisi lain, Sekretaris KIM Surya Harapan, Sahlullah yang juga menjadi peserta Grandfinal LCCK Tahun 2019 menambahkan tentang peran dan eksistensi KIM Surya Harapan dalam kegiatan pemberdayaan masyarakat lainnya. Seperti berpartisipasi dalam menggerakkan bank sampah, mendukung transparansi Dana Desa, memberikan pemahaman tentang internet sehat dan literasi digital melalui kegiatan sosialisasi serta terlibat aktif dalam kegiatan kampanye bahaya narkoba. Tidak terkecuali menggelar Focus Group Discussion (FGD) di Balai Desa Ngempit sebagai media diskusi dan konvensi warga dalam menjaga kerukunan menjelang Pemilihan Kepala Desa Ngempit.
Setelah mengikuti pemaparan dari KIM Surya Harapan, rombongan menuju ke kebun agro yang terintegrasi dengan kolam ikan untuk meninjau secara langsung bagaimana cara bercocok-tanam aneka sayuran (Sawi, Terong, Kangkung), buah Jambu serta budidaya Lele. (Eka Maria+Dewi)

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages