Giat Pintar Di Bakorwil III Malang, KIM SH Bersiap Diri Songsong Revolusi Industri 4.0 - KIM Surya Harapan

Breaking

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Sunday, February 23, 2020

Giat Pintar Di Bakorwil III Malang, KIM SH Bersiap Diri Songsong Revolusi Industri 4.0

Pada hari rabu 19/2/ 20 tepat pukul 07:20 pagi mobil dinas andalan Dinkominfo kab. Pasuruan berangkat. dibawah pimpinan langsung Ibu Kabid komunikasi publik Ibu Krisni yang langsung menginstruksikan ke mas Iskak dengan bahasa khasnya " mlaku 120 mas " mobilpun melaju dengan kecepatan tinggi menuju kantor Bakorwil III Malang di jln. Simpang Ijen no. 2 Malang mengingat acara terjadwal mulai pada pukul 08: 00 WIB.

Kali ini Bu Krisni memboyong 4 perwakilan KIM yang merupakan wakil dari forum KIM dari 4 kecamatan. Yaitu Supriyadi dari KIM Merah Putih kec. Beji, Nur Salim dari KIM Bangun Karya Kec. Winongan, M Rofi'i dari KIM Angkasa Kec. Purwodadi, dan M. Hamim dari KIM Surya Harapan Desa Ngempit Kec. Kraton.

Acara ini dihadiri oleh dinas Kominfo dan KIM sewilayah Bakorwil III Malang serta dibuka secara resmi oleh kepala Bakorwil III Malang yaitu Bapak Drs. Syaikhul Ghulam MM. Yang dalam sambutannya Mengutip sebuah hadits Nabi " sebaik - baik manusia adalah manusia yang paling bermanfaat bagi yang lainnya."
"Acara ini bertujuan dalam rangka mempersiapkan KIM untuk menyongsong Revolusi industri 4.0, dan berdasarkan Perpres no.8 tahun 2019 tentang percepatan ekonomi, serta perintah dari gubernur Jawa Timur ibu Khofifah" imbuh Pak ghulam.

Rapat ini berlangsung interaktif berkat moderator dan narasumber yang berkompeten, yang pertama dari Dinas Kominfo jawa timur yaitu Bapak Eko Setiawan, Mbak shinta Rahmawati yang lebih akrab dengan panggilan mbak cint. Dari GNFI ( God News From Indonesia ) dan mbak rossy dari biro administrasi dan perekonomian pemprov jawa timur. Masing-masing narasumber memaparkan materi yang cukup menarik, yang pertama mbak rossy yang menjelaskan tentang Nawa Bhakti Satia gubernur, PDRB ( produk domestik regional bruto ), perkembangan ekonomi, dan yang paling penting adalah tentang program baru Ibu gubernur yaitu EJSC ( East Java Super Coridor ) dan MJC ( Melenial Jobs Center ).

"EJSC dan MJC adalah program yang digagas oleh Ibu gubernur yang berupa beberapa gedung berfasilitas lengkap di lingkungan Bakorwil III Malang yang sudah siap untuk digunakan dimana nanti masyarakat bisa menggunakan untuk berbagai macam pelatihan terutama yang berbasis IT seperti, programmer, , UKM, dan ekonomi kreatif. Dan gedung Servis Point yang merupakan pusat layanan perizinan serta dilengkapi juga dengan "co-working space" yaitu berupa free Wi-Fi , CAFE dan lain sebagainya". Mbak Rossy menjelaskan.

Senada dengan apa yang telah di jelaskan oleh mbak Rossy, Bapak Eko Setiawan dari  Dinas Kominfo Jatim menyampaikan " seperti yang juga telah disampaikan Ibu Khofifah bahwa EJSC adalah pusat kegiatan masyarakat yang diharapkan mampu menghadirkan sebuah kombinasi antara fasilitas fisik dan berbagai macam bentuk layanan mulai edukasi, perizinan dll sehingga menjadi ekosistem yang mampu menghasilkan para enterpreneur muda kreatif yang siap bersaing " dan " kami persilahkan untuk seluruh KIM dan masyarakat umum untuk memanfaatkan EJSC ini agar kedepannya menjadi episentrum ekonomi baru di wilayah Bakorwil III Malang ini." Ujarnya menambahkan.

Adapun Narasumber ketiga yaitu mbak cint dari GNFI yang menjelaskan tentang bagaimana menjadi content creator yang baik ." Masyarakat saat ini hampir tidak bisa lepas dengan media sosial, sehingga sebagai agan informasi yang bisa menjangkau seluruh pelosok desa, KIM harus mampu lebih kreatif dan inovatif dalam menyajikan content berita dan informasi pada masyarakat sehingga nantinya Berita-berita yang diberikan KIM betul-betul menjadi acuan informasi masyarakat di desanya." Ujarnya. 

Adapun sesi terakhir dari Rapat ini adalah tanya jawab yang dimanfaatkan dengan baik oleh seluruh peserta rapat termasuk wakil dari KIM Surya harapan Ngempit kraton Pasuruan yaitu M.Hamim, yang menyampaikan usulan agar supaya EJSC juga berbentuk aplikasi di play store android. Serta memohon secepatnya untuk di adakan pelatihan terutama untuk content creator, desain grafis dll serta bertanya tentang bagaimana caranya KIM bisa menjaga netralitas dalam kontestasi politik apapun dan dimana pun.

Kali ini pak Eko dari Dinkominfo Jatim menyampaikan jawaban yang sangat inspiratif dan juga beliau menyatakan bahwa " kami siap kapanpun, silahkan bu Krisni untuk membawa anggaota nya untuk pelatihan bersama di Kominfo Jatim dan insyaallah kedepannya EJSC kami upayakan untuk berbentuk aplikasi juga, ujarnya bersemangat. ( Aby kenzo ).

1 comment:

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages