Optimalkan Pemanfaatan Sampah, KIM Surya Harapan Intenskan Bank Sampah - KIM Surya Harapan

Breaking

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Sunday, April 8, 2018

Optimalkan Pemanfaatan Sampah, KIM Surya Harapan Intenskan Bank Sampah

Memaksimalkan pemanfaatan sampah rumah tangga di Desa Ngempit, Kecamatan Kraton, Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Surya Harapan terus berupaya memberdayakan masyarakat, terutama kaum ibu. Diantaranya dilakukan melalui penggalakan Bank Sampah secara intens dan konsisten.

Kata Sumarmo Pengelola Bank Sampah, program Bank Sampah ditargetkan dapat memberikan nilai tambah bagi masyarakat melalui pemilahan dan pemanfaatan limbah rumah tangga. Aktivitas awalnya dilakukan masing-masing warga dengan mengumpulkan sampah untuk kemudian dipilah berdasarkan jenisnya. Selanjutnya, petugas Bank Sampah mengambil dari setiap rumah warga untuk kemudian ditimbang dan dijual ke pengepul.

“Kami berharap, program bank Sampah ini betul-betul bisa dirasakan oleh masyarakat. Dengan hasilnya menabung sampah ke pengepul, nantinya kan uangnya bisa diambil menjelang Hari Raya. Sehingga lumayan digunakan untuk keperluan Lebaran nanti. Ke depan, kami targetkan bisa mengolah sendiri sampah jika sudah punya alat pengolah sampah yang memadai”, paparnya.

Sementara itu, Yanti satu diantara anggota Bank Sampah merasa sangat terbantu dengan adanya pemanfaatan limbah rumah tangga yang pada akhirnya dapat menambah pemasukan ekonomi keluarganya. Terlebih, hasil dari setoran sampah yang dikumpulkan ke pengepul dijadikan tabungan di Hari Raya.

“Saya sangat berterimakasih kepada KIM Surya Harapan dengan program Bank Sampah-nya. Kami bisa memperoleh tambahan penghasilan untuk dibelanjakan jelang Lebaran nanti. Alhamdulillah menambah nilai manfaat untuk kami semua”, tuturnya dengan antusias.

Program Bank Sampah merupakan diantara kegiatan dari Unit Bank Sampah dari Bidang Ekonomi Kreatif, KIM Surya Harapan yang telah berjalan mulai bulan November 2015. Sampai saat ini aktivitasnya terus berkembang, terbukti dengan bertambahnya antusiasme masyarakat Desa Ngempit untuk proaktif dalam kegiatan tersebut.(Sahlul)

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages