BUDIDAYA LELE DI LAHAN SEMPIT MELALUI MEDIA TERPAL DI KEBUN AGRO - KIM Surya Harapan

Breaking

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Tuesday, August 29, 2017

BUDIDAYA LELE DI LAHAN SEMPIT MELALUI MEDIA TERPAL DI KEBUN AGRO

Kebutuhan protein hewani yang aman dikonsumsi terbebas dari bahaya kolesterol bagi konsumen saat ini sudah tidak lagi sulit, setidaknya makanan sehat bebas lemak berbahaya itu mudah didapat di kebun Agro KIM Surya Harapan Ngempit. Kelompok muda KIM ini tengah mengembangkan budidaya ikan lele dengan media kain terpal. Usaha ini produktif cukup menjanjikan dan mudah dilakukan oleh semua segmen masyarakat, tidak perlu berilmu tinggi, cukup mau bekerja keras bahkan usaha ini bisa mengurangi angka pengangguran. Ternyata budidaya lele ini sangat mudah dilakukan oleh kelompok muda KIM. Sebab tidak memerlukan biaya besar, tidak memerlukan lahan luas, relatif cepat panin dan yang tak kalah penting adalah permintaan pasar sangat tinggi dengan harga jual relatif bersaing yaitu Rp 17.000 perkilo. 
Ketua Agro bidang pemberdayaan unit perikanan Bpk. Saiful Anwar (48 th) mencoba mengembangkan usaha barunya dengan memanfaat lahan yang ada. Saat ini media yang digunakan adalah kain terpal yang didesain semacam tabung-tabung kolam air berisi ratusan ekor lele yang siap panin. Masing-masing lahan menampung tabung kolam terpal berbeda sesuai luas lahan, ada yang mampu 1 kolam, 2 kolam, 4 kolam, bahkan 6 kolam. Menurut Anwar "untuk saat ini alhamdulillah semua kolam terpal sudah terkumpul 24 kolam dalam satu lokasi, sehingga mudah mengontrolnya". Jika pelanggan berhasrat membeli lele, mudah menjangkaunya karena tak jauh dari lokasi kebun Agro Surya Harapan RT 01 RW 02 tak jauh dari rumahnya. 
Ketika dihubungi oleh koresponden KIM, mengapa memilih kolam terpal ?. Dia menjelaskan kelebihan media terpal ini antara lain ; (1) peluang beternak ikan lele sangat terbuka karena permintaan lele cukup tinggi, tak perlu risau soal lahan, yang sempitpun jadi, (2) praktis dan memiliki tingkat keberhasilan yang tinggi, (3) kolam terpal sangat cocok bagi daerah yang kritis air, (4) mendapat keuntungan finansial yang lebih dari cukup untuk menutupi kebutuhan sehari-hari. Sehingga budidaya lele menjadi alternatif usaha yang menguntungkan tanpa harus mengganggu pekerjaan utamanya. Jika ada yang berminat hubungi Bpk. Saiful Anwar : 081233519389.

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages