Wujudkan Masyarakat Informasi, Dinas Kominfo Gencarkan Digital Literasi KIM - KIM Surya Harapan

Breaking

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Sunday, April 8, 2018

Wujudkan Masyarakat Informasi, Dinas Kominfo Gencarkan Digital Literasi KIM

 
Memaksimalkan peran Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) sebagai agen informasi, Dinas Kominfo Kabupaten Pasuruan terus intens melakukan digital literasi melalui pemanfaatan media massa. Diantaranya dilakukan dengan sosialisasi tentang serba-serbi peran dan eksistensi KIM di Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) Radio Suara Pasuruan, Senin (02/04/2018).

Selama hampir satu jam acara dialog, Dinas Kominfo menghadirkan dua pengurus KIM Surya Harapan, Desa Ngempit, Kecamatan Kraton. Masing-masing, Mohammad Irham Zuhdi sebagai Pembina KIM dan Sukoyo selaku Ketua KIM Surya Harapan yang menyampaikan tentang manfaat KIM bagi masyarakat di desanya, terutama dalam memajukan pertanian melalui Gabungan Kelompok Tani, Sekolah Lapang Agen Hayati dan penanganan limbah melalui Pengelolaan Kompos dan Bank Sampah.

"Saya bersyukur bisa berkontribusi di KIM Surya Harapan, karena keberadaannya sangat ditunggu-tunggu masyarakat Desa Ngempit. Selain berperan sebagai penangkal peredaran hoax, kami juga berperan aktif memproduksi bermacam informasi penting di blog KIM Surya Harapan. Terlebih di era digital, dimana peran kami sebagai agen informasi yang makin kompleks", jelasnya.

Sementara itu, Eka Maria Ulfa, Kasi Kemitraan Komunikasi Publik, Dinas Kominfo Kabupaten Pasuruan mengatakan, keberadaan KIM sangat strategis difungsikan sebagai informan pembangunan berbasis digital. Yakni dengan melakukan diseminasi informasi yang disampaikan dalam bentuk konten jurnalistik, baik dipublikasikan melalui media konvensional (radio, majalah, leaflet) maupun blog dan media sosial.

"Di era serba digital saat ini, keberadaan gadget sangat membantu penyebarluasan informasi ke masyarakat dalam waktu cepat. KIM harus mampu tampil terdepan sebagai agen informasi yang berkualitas. Caranya, kuasai teknologi informasi untuk mempromosikan potensi unggulan masing-masing daerahnya", tandasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Achmad Rohim Kasi Pengelolaan Opini Publik, Dinas Kominfo Kabupaten Pasuruan menambahkan, KIM akan terus mendapat pembinaan sekaligus pendampingan secara intensif dari Dinas Kominfo yang diposisikan sebagai mitra dalam membantu menyebarluaskan informasi publik ke masyarakat. Tidak terkecuali melakukan pemantaban persiapan seleksi Lomba Cerdik Cermat Komunikatif (LCCK) Jatim Tingkat Provinsi Jatim Tahun 2018.(Irham)

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages