Berhasil Menerapkan Pertanian Sehat, KIM SH Dapat Kunjungan Studi Banding - KIM Surya Harapan

Breaking

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Sunday, August 12, 2018

Berhasil Menerapkan Pertanian Sehat, KIM SH Dapat Kunjungan Studi Banding

PASURUAN-Keberhasilan KIM Surya Harapan dalam mengembangkan agens hayati (bakteri baik) dalam pertanian sudah mulai tercium oleh beberapa daerah di kabupaten Pasuruan. Hal ini dibuktikan dengan adanya studi banding dari petani kecamatan Pohjentrek, kabupaten Pasuruan. Dalam kunjungannya para petani dari kecamatan Pohjentrek didampingi oleh PPL pertanian kecamatan. Pada hari Sabtu (11-08-2018), petani langsung mendatangi lahan sawah yang digunakan percontohan memakai agens hayati dan pestisida nabati.

Dalam kunjungan tersebut, ketua kelompok tani Rukun Santoso III Matori menyampaikan langsung apa yang telah dipraktekkan selama menggunakan produk agens hayati. Matori menyampaikan bahwa produk agens hayati ini benar-benar terbukti bisa mengatasi permasalahan hama dan penyakit. "Dulu kami sering gagal panen karena menggunakan pestisida kimia yang berlebihan, dengan menggunakan agens hayati dan pestisida nabati yang dikembangkan oleh teman-teman KIM Surya Harapan alhamdulillah hasil tani saya sangat bagus", tandasnya.
Setelah mengunjungi sawah percontohan, kunjungan selanjutnya ke tempat pembuatan agens hayati yang dikembangkan oleh anggota KIM Surya Harapan Wahyu Kurniawan. Sampai di tempat pengembangan agens hayati, para petani banyak melakukan sharing tentang permasalah pertanian yang selama ini banyak terserang hama penyakit. Wahyu menjelaskan tentang manfaat agens hayati yang selama ini belum diketahui oleh petani. "Agens Hayati (bakteri baik) ini sangat ramah lingkungan. Agens hayati ini juga mampu mengatasi permasalahan hama dan penyakit yang selama ini menyerang lahan pertanian. Dan biaya penggunaan agens hayati ini cukup murah dibanding menggunakan pestisida kimia, sehingga bisa menekan biaya produksi petani yang selama ini menggunakan pestisida kimia", tandasnya.(Wahyu-KIMSH)

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages