Pembinaan KIM Cluster II, Peserta Mendapatkan Pelatihan Membuat Blog - KIM Surya Harapan

Breaking

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Saturday, December 8, 2018

Pembinaan KIM Cluster II, Peserta Mendapatkan Pelatihan Membuat Blog

Setelah sukses menggelar Pembinaan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Cluster II tahap pertama pada bulan sebelumnya, Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Pasuruan kembali menggelar Pembinaan tahap kedua untuk anggota KIM di cluster tersebut. Pembinaan itu dilaksanakan pada Selasa (27/11/2018) bertempat di Ruang Rapat Staff Ahli Pemerintah Kabupaten Pasuruan.

Acara ini dibuka langsung oleh Kepala Bidang Komunikasi Publik Dinas Kominfo Kabupaten Pasuruan, Tri Krisni Astuti. Menurut beliau, pembinaan KIM merupakan salah satu tugas yang diemban oleh Dinas Kominfo untuk memberdayakan masyarakat di bidang informasi. Dengan beberapa kegiatan yang bisa dilakukan oleh KIM, masyarakat diharapkan mampu mengerti dunia IT secara penuh beserta etika yang melekat di dalamnya.

“Secara bertahap, KIM dibina untuk menjadi citizen journalism di daerahnya masing-masing. Dengan bekal jurnalistik yang didapat dari pembinaan oleh Dinas Kominfo inilah nantinya KIM dapat berkembang mulai dari menyebarluaskan potensi daerah, dimana dari situlah nantinya KIM akan dapat mengolah potensi tersebut menjadi sebuah produk yang dapat dijual sehingga dapat menjadi nilai ekonomis”, terangnya dengan penuh semangat dan ramah.

Kegiatan yang bertema “Pelatihan Jurnalistik Online” ini berjalan dengan sangat lancar. Hal tersebut ditunjukkan oleh antusiasme audiens yang sangat meriah dan respon positif, kompak serta komitmen yang tampak sampai akhir acara. Para pegiat KIM ini memang diajak untuk bermain-main dengan media web / blog pada kegiatan kali ini.

Dengan menghadirkan narasumber dari KIM Surya Harapan Desa Ngempit, M. Rizqillah Masykur, pelatihan jurnalistik online ini dapat memberikan ilmu baru kepada pegiat KIM untuk membuat “wadah” berupa blog KIM agar dapat mengunggah hasil dari kegiatan jurnalistik seperti menulis berita dan reportase.

Sedangkan materi jurnalistik sendiri disampaikan langsung oleh Kasi Kemitraan Komunikasi Publik Dinas Kominfo, Eka Maria Ulfa. Disini, KIM dikenalkan pada cara menulis berita, tentang bagaimana meramu tulisan agar dapat menarik perhatian pembaca. “pelatihan ini diharapkan mampu memunculkan potensi KIM desa supaya dapat menjadi icon di Kabupaten Pasuruan”, tuturnya. (Dewi)

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages