Maksimalkan Pembinaan KIM, Dinas Kominfo Kota Malang Studi Tiru Ke Dinas Kominfo Kabupaten Pasuruan - KIM Surya Harapan

Breaking

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Tuesday, December 17, 2019

Maksimalkan Pembinaan KIM, Dinas Kominfo Kota Malang Studi Tiru Ke Dinas Kominfo Kabupaten Pasuruan


Memaksimalkan pola pembinaan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di Kota Malang, Selasa (10/12/2019), Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Malang melakukan studi tiru ke Dinas Kominfo Kabupaten Pasuruan. Bertempat di Ruang Rapat Bagian Hukum Kabupaten Pasuruan, rombongan pegiat media sosial yang dikomandani oleh Kasi Pengelolaan Kemitraan Komunikasi Publik, Febrian Retnosari, rombongan pegiat KIM se-Kota Malang tersebut disambut oleh Sekretaris Dinas Kominfo Kabupaten Pasuruan, Budi Wibowo dan bidang Komunikasi Publik yang mengampu pembinaan KIM.
Fokus kunjungan rombongan pegiat media sosial tersebut lebih pada strategi kegiatan pembinaan KIM di Kabupaten Pasuruan selama tahun 2018-2019. Berikut hasil aplikasinya di lapangan sebagai bagian dari timbal-balik penerapan beragam materi pembinaan yang telah diberikan oleh masing-masing narasumber berkompeten di bidangnya.
Dalam sambutannya, Sekretaris Dinas Kominfo Kabupaten Pasuruan menyampaikan bahwa selama ini KIM di Kabupaten Pasuruan terus meningkatkan kualitas dan perannya sebagai agen informasi. Sebaliknya, Dinas Kominfo juga intens dalam melakukan pembinaan dan monitoring secara kontinyu. Sehingga KIM yang terdiri dari 5 cluster dapat memaksimalkan peran dan fungsinya dalam melakukan  diseminasi informasi kepada masyarakat melalui produksi konten jurnalistik di media yang dikelolanya, baik website/blog maupun media sosial (facebook, instagram, youtube). Berikut membuahkan sederet prestasi, diantaranya sebagai Juara 2 Grandfinal Lomba Cerdik Cermat Komunikatif (LCCK) Tingkat Jawa Timur Tahun 2019 yang diraih oleh KIM Surya Harapan, Desa Ngempit, Kecamatan Kraton.       
“Kami mengapresiasi kunjungan teman-teman Dinas Kominfo Kota Malang dan pegiat KIM yang pastinya juga punya kemampuan yang sama-sama mumpuni dalam membuat berita dan vlog. Apalagi Kota Malang banyak potensi yang bisa dipromosikan lewat medianya KIM. Semoga forum silaturahim ini terus berlanjut sehingga kita bisa bersinergi agar KIM lebih maju lagi”, tuturnya di hadapan puluhan pegiat KIM Kota Malang yang hadir.
Kasi Pengelolaan Kemitraan Komunikasi Publik, Febrian Retnosari berharap dari kegiatan studi tiru yang dilakukan dapat dijadikan sebagai bahan referensi bagi pegiat KIM di Kota Malang agar terus belajar dan berlari. Baik dalam melakukan pemberdayaan masyarakat maupun melakukan promosi potensi di daerahnya masing-masing melalui konten jurnalistik yang dihasilkan.
Dalam suasana penuh keakraban tersebut, hadir Ketua Forum KIM Kabupaten Pasuruan, Hadi Sucipto, Ketua KIM Visit Pandaan, Afandi dan Ketua KIM Merah Putih, Supriyadi. Secara bergantian ketiganya menyampaikan tentang eksistensi dan peran KIM di Kabupaten Pasuruan di masyarakat. Tidak terkecuali berbagi cerita dan pengalamannya selama berproses dan berkarya memproduksi bermacam konten jurnalistik, sehingga sudah mandiri secara finansial. Tentunya hal itu tidak terlepas dari hasil pelatihan jurnalistik yang diberikan oleh Dinas Kominfo Kabupaten Pasuruan.          
Agenda studi tiru diakhiri dengan kunjungan ke kebun agro KIM Surya Harapan. Diskusi tentang penerapan e-commerce melalui aplikasi Tumbaso di website www.kimsuryaharapan.id -pun semakin gayeng dengan aneka suguhan yang merupakan produk yang dihasilkan oleh KIM Surya Harapan. Sebut saja makanan olahan Lele Mangut bakar yang terkenal kelezatan citarasanya, jamu Sinom dan aneka jajanan menggugah selera lainnya. (Eka Maria)


No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages