Tingkatkan Produksi Budidaya Lele, KIM SH Studi Banding ke SMKN 1 Grati - KIM Surya Harapan

Breaking

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Monday, September 24, 2018

Tingkatkan Produksi Budidaya Lele, KIM SH Studi Banding ke SMKN 1 Grati


PASURUAN-Bidang pemberdayaan KIM Surya Harapan terus berinovasi dalam hal pengembangan budidaya lele. Setelah sukses di bidang pembesaran ikan lele, sekarang mulai mencoba di pembenihan lele. Jumat, 21 September 2018 teman-teman KIM Surya Harapan mengajak pemuda desa mengunjungi SMK N 1 Grati untuk belajar pembenihan lele.
Sesampainya di SMK N 1 Grati kita langsung menuju ke tempat budidaya ikan. Didampingi guru pembina dan beberap siswa kami melihat tempat budidaya ikan. Ikan yang dikembangkan di SMK N 1 Grati yaitu ikan lele, ikan nila dan ikan emas. Bu Anik selaku guru pembina dalam budidaya ikan di SMK N 1 Grati menjelaskan banyak tentang budidaya lele. Beliau menjelaskan, pembibitan lele ada 3 proses, proses alami, proses semi buata dan semi buatan. "Peluang usaha pembibitan, khususnya dibidang pembenihan ikan lele cukup menguntungkan. Karena lele merupakan ikan yang paling banyak dikonsumsi masyarakat, tetapi stok bibit di petani selalu kurang", tandasnya. 
Fahiroh, siswa SMK N 1 Grati menjelaskan tentang teknis pembibitan ikan lele. "Dalam budidaya lele hal yang harus diperhatikan yaitu indukan harus sehat, air diusahakan mengalir, dan suhu air stabil. Dan untuk pakan bibit dibutuhkan pakan dengan protein tinggi seperti cacing sutra atau kuning telur yang dihaluskan setelah ikan usia 3 hari", tadasnya. Aminlloh selaku koordinator bidang pemberdayaan KIM Surya Harapan tampak antusias menerima ilmu yang diberikan oleh guru pendamping maupun dari siswa SMK N 1 Grati. Kunjungan ini diakhiri dengan praktek pembibitan yang dilakukan oleh tema-teman KIM Surya Sarapan dibantu oleh siswa SMK N 1 Grati.(KIMSH-Wahyu)

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages