Peresmian BUMDES Bersama "Wahana Sejahtera" Kecamatan Kraton - KIM Surya Harapan

Breaking

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Thursday, February 21, 2019

Peresmian BUMDES Bersama "Wahana Sejahtera" Kecamatan Kraton



Rabu (20 Februari 2019), berlangsung kegiatan peresmian Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Bersama " Wahana Sejahtera" kecamatan Kraton.Kegiatan ini dimulai pukul 09.00 di kompleks perumahan green giri view. Kegiatan ini dihadiri oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Camat Kecamatan Kraton, Kapolsek dan Danramil kecamatan Kraton, Kepala Desa dan Bpd, perbankkan dari BNI dan BRI dan perwakilan kelompok simpan pinjam perempuan se kecamatan Kraton.

Sambutan awal yaitu oleh camat kecamatan Kraton Ridwan Haris, sekaligus meresmikan BUMDES Bersama "Wahana Sejahtera" kecamatan Kraton dan peresmian toko "Kraton S'mart". Dalam hal ini Ridwan Haris menyampaikan beberapa sambutan tentang manfaat diresmikannya BUMDES bersama. "Semoga dengan diresmikan BUMDES Bersama "Wahana Sejahter" ini bisa bermanfaat bagi masyarakat desa, khususnya bagi warga desa yang ada di kecamatan Kraton" tandasnya.

Setelah sambutan dan peresmian dilanjut penandatanganan prasasti oleh camat Kraton Ridwan Haris. Acara berikutnya yaitu penyerahan secara simbolis dana sosial berupa gerobak sampah dan sebanyak 325 paket seharga Rp. 117.000 kepada perwakilan warga 25 desa se kecamatan Kraton yang diserahkan secara langsung oleh bapak camat dan muspika kecamatan Kraton. Sambutan2 berikutnya yaitu oleh perwakilan bank BNI, bank BRI, dan dari Dinas PMD. Tommya perwakilan dari DPMD menjelaskan "BUMDES Bersama Wahana Sejahtera sebagai pilot project untuk dikembangkan di kecamatan lain di kabupaten Pasuruan"Setelah acara inti selesai dilanjut dengan Musyawarah Antar Desa (MAD) pertanggungjawaban tentang Program Bumdes Bersama.


Dalam MAD pertanggungjawaban ini, R. Andryani Candra Putri selaku Direktur Utama bumdes Bersama menyampaikan beberapa laporan. Andry menjelaskan bahwa program BUMDES Bersama ini sudah berlangsung sejak program PNPM di masa pemerintahan sebelumnya. Pendanaan sebanyak 2 milyar melalui program pemerintah Bantuan Langsung Masyarakat (BLM) yang pemberian secara bertahap mulai 2007-2013 sekarang berkembang menjadi 5,8 milyar. "Unit yang dikembangkan BUMDES Bersama Wahana Sejahtera yaitu pertokoan dan simpan pinjam, selain itu dikembangkan untuk aset investasi aset barang tidak bergerak seperti beberapa tanah kavling" tandasnya. Andry juga menjelaskan bahwa untuk mengembangkan operasional usaha BUMDES Bersama juga mempunyai 1 unit gedung perkantoran dan toko yang baru diresmikan, dan beberapa unit kendaraan bermotor untuk karyawan BUMDES Bersama. KIM-SH Wahyu

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages