KIM Surya Harapan Juara 2 LCCK Jatim Tahun 2019 - KIM Surya Harapan

Breaking

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Tuesday, October 8, 2019

KIM Surya Harapan Juara 2 LCCK Jatim Tahun 2019


Dalam rangkaian Jatim Kominfo Festival (JKF) Tahun 2019, ada satu kegiatan yang sangat ditunggu-tunggu oleh seluruh KIM se-Jawa Timur, yaitu perhelatan Grand Final Lomba Cerdik Cermat Komunikatif (LCCK). Ajang yang sangat bergengsi ini menampilkan KIM-KIM yang sebelumnya telah menjuarai persaingan dalam satu grup pada Tahun 2018 lalu. Keempat KIM tersebut adalah KIM Surya Harapan dari Kabupaten Pasuruan, KIM Anyelir Kejuron dari Kota Madiun, KIM Mesem dari Kota Surabaya, dan KIM Pena Kabupaten Pacitan.

Dengan mengangkat tema “Komunikasi untuk Toleransi”, semua KIM tampil maksimal dan memukau di setiap babak dengan menampilkan kreativitas masing-masing sesuai tema. Babak pertama diawali dengan pemaparan kegiatan KIM yang telah diunggah di media online dan media sosial yang dimiliki oleh KIM. Dilanjutkan di babak kedua yaitu babak menjawab pertanyaan acak dari juri serta babak rebutan dimana soal-soal sudah tersedia melalui aplikasi kahoot.it. Babak terakhir yaitu penampilan fragmen dimana para peserta mengkomunikasikan permasalahan tentang SARA yang ada di kehidupan masyarakat secara langsung.

Disampaikan oleh Eko Setiawan, S.I.Kom., M.Med.Kom, Kepala Seksi Sumber Daya Komunikasi Publik Dinas Kominfo Provinsi Jawa Timur, “Kelompok Informasi Masyarakat sangatlah penting keberadaannya di tengah-tengah masyarakat yang mudah dirundung berita hoax, adanya KIM adalah agar bisa menjadi informan yang baik dan benar” katanya saat membuka acara Jatim Kominfo Festival di Magetan Jawa Timur Pada Selasa (01/10/2019).

KIM Surya Harapan yang merupakan perwakilan dari KIM Kabupaten Pasuruan tampil dengan maksimal dan berhasil meraih Juara 2 LCCK Jawa Timur Tahun 2019. Penampilan mereka mendapat nilai yang cukup tinggi dari ketiga juri yang berasal dari perwakilan Kementerian Kominfo RI, akademisi dan praktisi media. SEdangkan Juara 1 diraih oleh KIM Mesem Surabaya, Juara 3 diraih oleh KIM Anyelir Kejuron Madiun, dan juara 4 diraih oleh KIM Pena Pacitan

Prestasi ini adalah capaian yang diraih oleh KIM Surya Harapan dibawah bimbingan Dinas Kominfo Kabupaten Pasuruan, Camat Kraton dan Forum KIM Kabupaten Pasuruan serta Pemerintah Desa Ngempit yang memberikan dukungan maksimal kepada para peserta. Ketiga peserta dari KIM Surya Harapan menampilkan tentang kegiatan-kegiatan yang sesuai dengan tema yang benar-benar terjadi di lingkungan desa mereka yaitu tentang adanya kericuhan dan perselisihan saat Pemilihan Kepala Desa.

Dengan mengangkat situasi pemilihan Kepala Desa ini, KIM Surya Harapan sukses menampilkan kegiatan dimana mereka sebagai agen penengah bagi para calon Kepala Desa dengan para pendukungnya untuk menciptakan kampanye yang aman, damai, tenteram, dan tetap kondusif sehingga tidak menimbulkan perpecahan, idealism yang berlebihan dan kabar hoax yang tidak bertanggungjawab.(KIM-SH)

1 comment:

  1. Students of Communication science program Universitas Airlangga has just held a Local Artisan Festival. It is a festival focusing on building awareness towards “ethical fashion” issues and “make-up cruelty-free”. It was themed “Ethical Brands: know how they made them, know how to thank them”. http://news.unair.ac.id/en/2019/05/27/communication-students-promote-ethical-fashion-issues-through-local-artisan-festival/

    ReplyDelete

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages